Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 1 No 9: Februari 2021

PENDIDIKAN EMANSIPATORIS DALAM PERSPEKTIF PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH

Patur Alparizi (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep)
Ach. Nurholis Majid (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2021

Abstract

Pendidikan merupakan wadah untuk menampung keterampilan dan memberikan kebebasan bagi peserta didik, pendidikan merupakan usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun tujuan-tujuan mulia tersebut sudah tercoreng dan banyak mendapat kritik dari tokoh-tokoh pemikir pendidikan salah satunya Paulo Freire dan Muhammad Abduh. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemikiran Paulo Freire dan Muhammad Abduh tentang pendidikan emansipatoris. Data dikumpulkan dengan pendekatan kualitatif jenis pustaka, sumber data pokok penelitian ini yaitu buku-buku karya dari kedua tokoh, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Pendidikan emansipatoris perlu diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini, mengingat sudah banyak pencemaran-pencemaran yang mencoreng nama baik pendidik. Konsep pendidikan emansipatoris kedua tokoh dapat dilihat dalam konsep, kurikulum, kedudukan pendidik dan peserta didik, serta tujuan pendidikan yang harus didasarkan atas spirit humanisme, kesetaraan, dan pembebasan dari belenggu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...