Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2020)

Keefektifan Pengajaran Bahasa Indonesia Siswa SD Dengan Menggunakan Model Role Play

Reski Pilu (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Ade Kusuma Masse (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran role playing siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara bersiklus, antara siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus dilakukan selama tiga kali pertemuan. Sampel yang diambil sebanyak 27 orang kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing siklus II sebesar 92,5% atau 25 dari 27 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 7,4% atau 2 dari 27 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keefektifan bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing telah berhasil atau terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...