Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2021): May - August

Efektifitas Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning di Tinjau dari Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Masehi Gugus Kalimbukuni

Heldiana Lali Wuda (Universitas Kristen Satyawacana)
Indri Anugraheni (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektifitas model pembelajaran discovery learning dan model problem based learning di tinjau dari berfikir kritis pada mata pelajaran IPA kelas 5 SDM Gugus Kalimbukuni Kabupaten Sumba Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Persyaratan untuk melakukan Uji T telah dilakukan. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian Uji T diperoleh t hitung – 6.713 > t table 0,000, dengan signifikan sebesar 0,700 < 0,05 maka Hₐ diterima. Artinya terdapat perbedaan efektifitas penggunaan model discovery learning dan problem based learning ditinjau dari hasil berfikir kritis pada mata pelajaran IPA. Sebelumnya dilakukan perlakuan, tidak terdapat perbedaan efektifitas hasil berfikir kritis pada mata pelajaran IPA. Tetapi setelah dilakukan perlakuan, terdapat perbedaan efektifitas hasil berfikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SDM Gugus Kalimbukuni

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...