BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting
Vol 2 No 2 (2021): BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting

Keputusan Pembelian Secara Online Berdasarkan Kelompok Referensi, Keluarga serta Peran dan Status

Riana Afriansyah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Asep M. Ramdan (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Dicky Jhoansyah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, keluarga serta peran dan status terhadap keputusan pembelian pada pengguna Lazada di Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode sampel probability sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 116 kepada para pengguna Lazada di Kota Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji koefisien determinasi dilihat dari nilai R Square adalah sebesar 0,291. Pengaruh kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status terhadap keputusan pembelian secara online pada pengguna Lazada di Kota Sukabumi adalah 29,1% dan sisanya 70,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dapat diketahui dari nilai R sebesar 0,540. Berdasarkan uji f nilai probabilitas Sig. 0,00 < 0,05. Simpulan, secara bersama-sama kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun untuk hasil uji t, kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, keluarga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan peran dan status berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Kelompok Referensi, Keluarga, Keputusan Pembelian, Peran, Status

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BUDGETING

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development o, Business, Management and Accounting .The journal is published annually 2 times ...