JETE
Vol 2, No 2 (2021): September

IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PAI YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK TERHADAP BACA TULIS ALQURAN

Koko Adya Winata (USB YPKP Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang implementasi kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Kota Bandung untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran secara benar. Factor-faktor yang mendukung dan menghambat terhadap implementasi kompetensi guru PAI  dan solusi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan pendidikan. Kehadiran guru merupakan komponen utama yang harus ada dalam proses berlangsungnya mengajar belajar. Sosok guru yang dimaksud adalah guru yang memiliki kompetensi yang baik. Dengan kompetensi yang baik,  guru PAI diharapkan  dapat menciptakan suasana pembelajaran menarik dan membuat peserta didik memiliki kemampuan dalam baca tulis Alquran. Guru PAI harus mampu  mengelola empat kompetensi dalam proses pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Keempat kompetensi itu adalah pedagogik,  kepribadian, profesional, dan sosial. Kompetensi tersebut manakala dikelola dengan baik dapat menjadi kekuatan guru dalam upayanya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran di SMP Negeri 16 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Maksudnya prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang prilakunya diamati. Sumber data penelitian adalah guru PAI, kepala sekolah peserta didik dan dokumen sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:1). Iimplementasi kompetensi guru PAI yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Alquran, 2). Kurangnya kemampuan guru PAI untuk memilih dan menentukan model pembelajaran  efektif  yang dapat  meningkatkan kemampuan peserta didik dalam baca tulis Alquran. 3). Kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap baca tulis Alquran dan latar belakang peserta didik yang beraneka ragam.  Kata Kunci: Implementasi  Kompetensi Guru PAI, Peserta didik dan  Kemampuan   Baca Tulis         Alquran.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JETE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Teaching (JETE) (ISSN Online: 2745-9888 ; ISSN Print: 2745-9896 ) published by the Faculty of Education and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University in collaboration with the Indonesian Teachers Association (PGRI) is a multidisciplinary research journal of ...