Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Vol 2, No 2 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Analisis kesalahan ejaan pada Jurnal Imajeri Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pratikasari, Christiana Risang (Unknown)
Khairani, Elma Nazlah (Unknown)
Digananda, Syarafina Khanza (Unknown)
Ulya, Chafit (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesalahan bahasa pada Jurnal Imageri Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini menggunakan tiga artikel ilmiah sebagai sumber data yang dimuat dalam Jurnal Imajeri. Data kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam penelitian terdiri dari kesalahan penggunaan huruf, tanda baca, penulisan kata, dan kesalahan penulisan kata pinjaman yang terdapat pada artikel ilmiah. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik baca-catat untuk setiap kesalahan yang ditemukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan sebanyak 29 kesalahan ejaan yang terdiri dari 12 kesalahan data penggunaan huruf, 9 kesalahan tanda baca, 8 kesalahan penulisan kata, dan kesalahan penulisan kata kunci tidak ditemukan. Hasil ini membuktikan bahwa artikel jurnal ilmiah bidang bahasa dan sastra Indonesia pun tidak lepas dari kesalahan ejaan. Oleh karena itu, penguasaan aturan ejaan dalam bahasa Indonesia tetap perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

genre

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) merupakan jurnal ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik ...