Oikonomia: Jurnal Manajemen
Vol. 13 No. 2 (2017): Oikonomia: Jurnal Manajemen

ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN BERTUMBUH DAN TIDAK BERTUMBUH

Melati, Melati (Unknown)
Nurwulandari, Andini (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya peningkatan harga, volume perdagangan dan abnormal return saham sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh, serta menguji dan menganalisis adanya harga, volume perdagangan dan abnormal return saham sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh yang lebih besar daripada perusahaan tidak bertumbuh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan melakukan stock split berjenis split up pada periode 2011-2015. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel penelitian terdiri dari 45 perusahaan yang diklasifikasikan ke dalam 36 perusahaan bertumbuh dan sembilan perusahaan tidak bertumbuh. Dengan menggunakan uji beda dua rata-rata, penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan harga dan abnormal return saham yang signifikan sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh, tidak terdapat peningkatan volume perdagangan saham yang signifikan sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh, tidak terdapat peningkatan harga, volume perdagangan dan abnormal return saham yang signifikan sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan tidak bertumbuh, terdapat harga, volume perdagangan dan abnormal return saham sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh yang lebih besar daripada perusahaan tidak bertumbuh.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

oikonamia

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Oikonomia: Jurnal Manajemen advances both theoretical and empirical research that cover various topics in economics, business and management with the main topics includes, but not limited to: Human resource management, Financial management, Operational management, Marketing management, Strategic ...