FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2021): FARABI

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa

Minarti Juliana (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, STKIP PADANG LAWAS, Sibuhuan-Padang Lawas 22763)
Minta Ito Simamora (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)
Dini Astika (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah, Medan-Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Al-Washliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Washliyah. Untuk sampel penelitian ini adalah kelas VIIA-1 dan kelas VIIA-2. Analisis data dilakukan dengan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Al-Washliyah 16 Perbaungan. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran dan posttest, dimana diketahui berdasarkan perbandingan jumlah nilai dan rata-rata posttest kedua kelas sampel, yaitu jumlah nilai kelas eksperimen = 2727,5 > jumlah nilai kelas kontrol = 2490, dan rata-rata kelas eksperimen = 75,76 > rata-rata kelas kontrol = 69,17

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...