FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2021): FARABI

Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)

Mernawati Mernawati (Prodi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Babussalam, Aceh Tenggara)
Yenni Novita Harahap (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)
Rika Susanti (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian dilakukan di pada siswa kelas VIII Sekolah SMP Setia Budi Abasi Perbaungan dengan sampel dua kelas yaitu VIII-A dan VIII-B. Yang menjadi variabel terikat adalah kemampuan komunikasi dan yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas sebagai uji prasyarat serta uji N-Gain untuk melihat pengaruh dan peningkatannya. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukan data yang diperoleh berbentuk normalitas dan homogen dan tingkat kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi 0.09% dibandingkan kelas yang menggunakan model Pembelajaran Konvensional. Dengan demikian model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan katagori sangat tinggi yaitu 0,98 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...