KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Analisis Kebutuhan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Kimia di SMA

Mauliza, Mauliza (Unknown)
Sari, Ratih Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran kimia yang akan digunakan pada pembuatan rancangan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 sekolah di SMA Negeri Kota Langsa dengan melibatkan 150 orang siswa, 10 orang guru kimia, dan 5 orang kepala sekolah yang dipilih secara purposive sampling dengan mempertimbangkan keberadaan kelas IPA dan laboratorium di masing-masing sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan daftar isian, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket, serta dianalisis secara deskriptif interpretatif, dilengkapi cross-check data dan sumber data. Kesimpulan penelitian ini: (1) telah diidentifikasi sebanyak 26 kompetensi dasar kimia yang strategis diajarkan secara terintegrasi dengan perangkat perencanaan pembelajaran baik RPP maupun silabus; (2) kurikulum 2013 memberikan peluang luas untuk mengembangkan seluruh jenis keterampilan proses sains dalam pembelajaran kimia; dan (3) sekolah menghadapi beberapa kendala dan hambatan untuk melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, diantaranya: keterbatasan ruang dan fasilitas laboratorium, keterbatasan alat-alat dan bahan-bahan kimia, dan ketidaktersediaan tenaga laboran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...