cover
Contact Name
Hasby
Contact Email
hasby@unsam.ac.id
Phone
+6285261759275
Journal Mail Official
pend_kimia_fkip@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Langsa City, Aceh 24416
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2721902X     EISSN : 27219038     DOI : https://doi.org/10.33059/katalis.v4i1.3106
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember dengan isi sebanyak 6 artikel/volume atau 12 artikel/nomor terbit. Jurnal Katalis dirancang sebagai bentuk komitmen Program Studi Pendidikan Kimia dalam upaya memfasilitasi para peneliti, dosen, mahasiswa dan guru agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara daring dan cetak. Fokus kajian: 1. Pendidikan Kimia 2. Penelitian Kimia (kimia organik, biokimia, kimia anorganik, kimia fisik, kimia analitik, kimia lingkungan, dan kimia bahan alam) 3. Komputasi kimia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 89 Documents
Kajian Aspek Nilai Karakter pada Buku Ajar IPA Nurhafidhah, Nurhafidhah; Yakob, Muhammad; Mauliza, Mauliza
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter menjadi sesuatu hal yang penting untuk membentuk generasi yang berkualitas. Pengembangan nilai pendidikan berkarakter dapat diintegrasikan dalam setiap pokok bahasan dari setiap mata pelajaran, salah satu penerapannya adalah dalam buku ajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aspek nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar IPA Kelas VII di MTs Nurul Ulum Peureulak adalah jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Sedangkan nilai karakter yang tidak terintegrasi dengan baik adalah semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Buku ajar yang selama ini digunakan guru mata pelajaran IPA tidak memuat nilai karakter secara langsung namun nilai karakter tercermin dalam setiap kegiatan pengamatan dan tugas pada buku ajar IPA yang digunakan.
Hubungan Keaktifan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuri Berbasis Pendekatan Saintifik Sari, Ratih Permana; Setiawaty, Sri
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses pembelajaran kimia setiap siswa selalu diarahkan agar menjadi siswa yang aktif dan mandiri. Untuk menjadi siswa yang aktif sekaligus mandiri seseorang harus belajar, sehingga dapat dicapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar dan hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar serta hubungan bersama-sama keaktifan dan kemandirian dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri yang diterapkan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Langsa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII-1 karena kelas tersebut dirasa mampu mewakili karakteristik populasi yang diinginkan dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama yang didasarkan pada nilai rata-rata tes kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model the one group pretest postes design yaitu penelitian yang diberikan untuk satu kelompok dengan memberikan pretest maupun posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara aktivitas belajar dengan hasil belajar melalui pengujian hipotesis dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,405 dan terdapat hubungan positif antara kemandirian dengan hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,518 serta terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara aktivitas siswa dan kemandirian dengan hasil belajar dinyatakan melalui persamaan regresi Y= 15,981+0,393X1+0,271X2 dan diperoleh harga koefisien korelasi sebesar ry.12= 0,619 yang berarti tingkat hubungan (korelasinya) kuat
Pengaruh Software Visualisasi Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Meteri Bentuk-Bentuk Molekul di SMA Negeri 4 Langsa hasby, Hasby
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh software visualisasi terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi bentuk-bentuk molekul di SMA Negeri 4 Langsa dengan menggunakan Software Avogadro. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pretest-posttest design. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari atas 20 soal pilihan berganda yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa. Selain itu diberikan juga angket untuk melihat bagaimana respon siswa terhadap media visualisasi yang diberikan. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 15 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan rata-rata N-Gain sebesar 0,5 yang dikategorikan “sedang” dengan rata-rata nilai pretest sebesar 39,3 dan rata-rata nilai posttest sebesar 68,0. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media visualisasi mempunyai dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa. Selain itu diperoleh pula persentase dari respon siswa sebesar 79,6% yang dikategorikan “positif”. Berdasarkan persentase respon siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visualisasi menggunakan software Avogadro untuk menggambarkan bentuk molekul secara 3 Dimensi (3D) terbukti dapat menarik minat belajar dan pemahaman siswa.
Analisis Kebutuhan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Kimia di SMA Mauliza, Mauliza; Sari, Ratih Permana
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran kimia yang akan digunakan pada pembuatan rancangan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 sekolah di SMA Negeri Kota Langsa dengan melibatkan 150 orang siswa, 10 orang guru kimia, dan 5 orang kepala sekolah yang dipilih secara purposive sampling dengan mempertimbangkan keberadaan kelas IPA dan laboratorium di masing-masing sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan daftar isian, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket, serta dianalisis secara deskriptif interpretatif, dilengkapi cross-check data dan sumber data. Kesimpulan penelitian ini: (1) telah diidentifikasi sebanyak 26 kompetensi dasar kimia yang strategis diajarkan secara terintegrasi dengan perangkat perencanaan pembelajaran baik RPP maupun silabus; (2) kurikulum 2013 memberikan peluang luas untuk mengembangkan seluruh jenis keterampilan proses sains dalam pembelajaran kimia; dan (3) sekolah menghadapi beberapa kendala dan hambatan untuk melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, diantaranya: keterbatasan ruang dan fasilitas laboratorium, keterbatasan alat-alat dan bahan-bahan kimia, dan ketidaktersediaan tenaga laboran.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Paulina Hasibuan, Molani
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran yang secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran kimia di SMA/MA Kelas XI Semester 1. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA/MA yang ada di Kota Medan, Propinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian diambil secara purposive yaitu SMA Negeri 2 Medan dan MAN 2 Medan. Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan adalah penelitian eksperimen, yang digunakan untuk melihat hasil ujicoba penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif.
Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Manyak Payed pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Unsur Nila Diana
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan Sifat-sifat Unsur bagi siswa kelas XII IPA 4 pada SMA Negeri 1 Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 4 pada SMA Negeri 1 Manyak Payed yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II, dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Sifat-sifat Unsur. Penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan sifat-sifat unsur bagi siswa kelas XII IPA 4 semester 1 SMA Negeri 1 Manyak Payed.. Hasil penerapan model pada akhir siklus I siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa (41,4%), sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa (82,8%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa (17,2%). Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung, hal ini tampak pada banyaknya siswa yang aktif pada setiap akhir siklusnya. Pada akhir pertemuan siklus I hanya 15 siswa (52 %) yang aktif dalam diskusi kelompoknya maka pada akhir pertemuan kedua siklus II jumlah siswa yang aktif dalam diskusi kelompoknya menjadi 25 siswa (86 %).
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Materi Termokimia Israyati Israyati
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 2 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dapat ditingkatkan melalaui perapan strategi pembelajaran kooperatif pada materi termokimia bagi siswa kelas XI IA.2 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA.2 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasidengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada materi senyawa termokimia Pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan hanya ada 9 siswa (25,7 %) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa (74,3 %) dan pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45,7 %), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa (54,3 %), sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa (65,7 %), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa (34,3 %). Nilai rata- rata kelas pada pra siklus adalah 52,3 sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 55,7 dan nilai rata- rata kelas pada siklus II ini adalah 66,9. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung . Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya pada materi termokimia bagi siswa kelas XI IA.2 semester 1 SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2010/2011.
Ekstrak Etanol Bunga Kertas (Bougainvillea) Pink Sebagai Anti Oksidan dengan Menggunakan Metode DPPH Haveni, Devi; Mastura, Mastura; Permana Sari, Ratih
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 1 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder di dalam ekstrak etanol bunga kertas dan mengetahui aktivitas ekstrak etanol bunga kertas sebagai antioksidan dengan menggunakan metode DPPH. Ekstrak etanol diperoleh melalui metode maserasi. Pengujian antioksidan dilakukan dengan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil). Ekstrak etanol bunga kertas memiliki kandungan metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, saponin, triterpenoid dan fenol. Hasil uji aktivitas antioksidan yang dilakukan menunjukkan nilai persen inhibisi secara berturut-turut pada konsentrasi 50 ppm sebesar 23,1771%, pada konsentrasi 75 ppm sebesar 45,7855%, pada konsentrasi 100 ppm sebesar 56,6449% dan 125 ppm sebesar 78,3121%. Nilai IC50 yang diperoleh yaitu 55,71 ppm menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat. Berdasarkan penelitian ini, ekstrak etanol bunga kertas (Bougainvillea) memiliki potensi sebagai antioksidan.
Penerapan Strategi Question Student Have Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Minat Belajar Kimia Siswa Sumarsih, Eni; Jofrishal, Jofrishal; Nurhafidhah, Nurhafidhah
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 1 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar setelah diterapkannya strategi question student have berbantuan media kartu. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 110 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 3. Data dianalisis menggunakan Uji t Paired T-Test. Berdasarkan dari data yang dikumpulkan oleh peneliti diperoleh bahwa terdapat peningkatan minat belajar kimia siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) setelah menggunakan penerapan strategi question student have berbantuan media kartu. Hal ini ditandai dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu thitung ≥ ttabel (8,50 ≥ 1,67) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar kimia siswa pada penerapan strategi question student have berbantuan media kartu secara signifikan. Harapan peneliti untuk peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik dan juga mereka bisa mendukung hasil penelitian ini.
Uji Toksisitas Fraksi Etanol Tanaman Obat yang Digunakan Masyarakat Menggunakan Metode Brine Shrimp Lethality Test Rafiqah, Rafiqah; Mastura, Mastura; Hasibuan, Molani Paulina
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 2 No 1 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Uji Toksisitas Fraksi Etanol Tanaman Obat Yang Digunakan Masyarakat dengan Menggunakan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efek toksisitas terhadap larva Artemia dan mengetahui nilai LC50 yang terkandung dalam ekstrak etanol daun kedondong pagar terhadap Larva Udang (Artemia salina Leach). Metode yang digunakan Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Uji ini terdiri dari 3 perlakuan konsentrasi yaitu 1000 ppm, 100 ppm, 10 ppm beserta kontol negatif yang masing-masing dilakukan tiga kali pengulangan ( Triplo). Pada tiap konsentrasi menggunakan 15 ekor larva berumur 48 jam. Nilai LC50 didapatkan dari analisa probit. Nilai LC50 dari ekstrak etanol kedondong pagar 49,24 ppm. Dari nilai LC50 ekstrak etanol daun kedondong pagar dapat dilihat bahwa keduanya diklasifikasikan sebagai toksik sehingga berpotensi sebagai antikanker.