Sciening : Science Learning Journal
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

Implementasi Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Sifat–Sifatnya di Kelas VIII SMP Advent Tondano

Senlly F. Dasmasela (Universitas Negeri Manado)
Meike Paat (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Motivasi dan perhatian siswa yang kurang dalam belajar serta guru yang lebih sering menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano melalui implementasi metode eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano, hal ini terlihat dari nilai maksimum hasil belajar siswa di siklus I adalah 85 dan nilai minimum 50 dengan rata-rata nilai 69,44 dan terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa pada siklus II yakni dengan nilai maksimum 95 dan nilai minimum 75 dengan rata-rata nilai 86,53. Demikian juga dengan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Advent Tondano dari 44,44% di siklus I menjadi 100% di siklus II. Sehingga disimpulkan bahwa implementasi metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas VIII SMP Advent Tondano.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...