Education Journal of Indonesia (EJI)
Vol. 1 No. 1 (2020)

Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise ,Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTS Hifzhil Qur’an Medan

Marah Doly Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Dinda Iriani Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dapat meningkatkan hasil belajar matematika Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan yang berjumlah 39 siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Nilai sesudah tindakan diambil dengan memberi soal setelah diterapkannya model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Setelah data diperoleh dan dianalisis maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII-5 MTs. Hifzhil Qur’an Medan adalah sebagai berikut : (1) Hasil belajar siklus I sesudah tindakan dengan rata-rata 72,82 dan ketuntasan klasikal 61,53%. (2) Hasil belajar siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 86,67 dan ketuntasan klasikal 87,17%. Dengan demikian, dari hasil tindakan di atas dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) meningkat pada setiap siklus. Kata Kunci : Penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary), Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eji

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

EJI | Education Journal of Indonesia is the International Journals managed by University of Muhammadiyah Sumatera Utara to improve the ability of lecturers, researchers in writing and researching in the fields of education. This journal was first published in November 2020. EJI is an open access and ...