Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 15 No 1 (2018): Studi Pendidikan Islam

PEMIKIRAN SYEKH KHALID BIN ABDURRAHMAN AL-‘AKK TENTANG METODE PENDIDIKAN ANAK

Hidayati, Yani Nur'arifah (Unknown)
Ainusyamsi, Fadlil Yani (Unknown)
Munandar, Didih Syakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang: 1) Untuk mengetahui metode pendidikan anak dalam Islam menurut Syekh Khalid bin Abdurrahman Al-‘Akk; dan 2) Untuk mengetahui relevansi pendidikan anak dalam Islam menurut Syekh Khalid bin Abdurrahman Al-‘Akk dengan pendidikan Islam saat ini. Metode yang digunakan adalah library research dan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi (content analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan anak menurut syekh Khalid Bin Abdurrahman Al-‘Akk adalah teladan yang baik, mau’izhah hasanah (nasihat yang baik), targhib (motivasi), cerita-cerita Islam, mendidik anak dengan mengkritik tanpa memukul, menumbuhkan sikap suka bekerja, menyiapkan anak-anak suka berkumpul, menumbuhkan kecakapan bersopan santun, dan menghargai waktu, mengajarkan tata cara meminta izin, pembiasaan, pemberian hadiah dan hukuman kepada anak, berbicara kepada anak sesuai dengan kadar akal mereka, mendidik anak agar suka bekerja sama dalam memikul tanggung jawab, kasih sayang dan adil terhadap anak-anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...