Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap tentang pengaruh optimasi otak kanan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Istiqomah Sukajaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Pre-Experimental Design dan model penelitian One Group Pretest-posttest. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul lalu dianalisis dengan teknik statistik deskriptif untuk melihat nilai rata-rata dan statistik inferensial dengan uji test of normality, uji t berpasangan dan uji t parsial. Setelah melakukan analisis data, penulis memperoleh beberapa hasil penelitian, yaitu: (1) Minat belajar peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran dengan optimasi otak kanan pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah sukajaya tergolong cukup, karena kualitas penilaiannya adalah sebesar 2,98 yakni terdapat pada jarak interval 2,5 – 3,5. (2) Minat belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan optimasi otak kanan pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah sukajaya tergolong tinggi karena kualitas penilaiannya adalah sebesar 4,16 yakni terdapat pada jarak interval 3,5 – 4,5. (3) Penggunaan optimasi otak kanan memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah Sukajaya dengan diperoleh nilai thitung =4,821 > ttabel 2,048 dengan nilai Sig 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2017