Penelitian bertujuan untuk mengetahui Gambaran kemampuan literasi informasi dan pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi berbasis pro kontra dan lottery card terhadap kemampuan literasi informasi mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian adalah mahasiswa semester IV prodi pendidikan kimia tahun akademik 2019/2020 sebanyak 86 orang. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random class dan terpilih dua kelas dengan jumlah 62 orang.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket literasi informasi. Teknik analisis data yang terdiri dari analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik distribusi nilai kemampuan literasi informasi mahasiswa dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan literasi informasi mahasiswa prodi pendidikan Kimia FKIP Untad berada pada kategori sedang,  2) Ada pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis pro kontra dan lottery card terhadap kemampuan literasi informasi mahasiswa
Copyrights © 2020