AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 10, No 1: Juni 2020

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Lisnasari Andi Mattoliang (Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Wanasari Wanasari (Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Fitriani Nur (Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Rusydi Rasyid (Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Baharuddin Abbas (Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar dengan jumlah 280 peserta didik, sedangkan sampelnya sebanyak 98 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner minat belajar, kuesioner self-regulated learning, dan dokumentasi hasil belajar matematika. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar dan self-regulated learning secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...