Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 4 Edisi 3 November 2017

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Hasan Baharuddni (Universitas Negeri Makassar)
M. Ridwan Said Ahmad (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan faktor-faktor apakah yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa kelas X terhadap mata pelajaran sosiologi SMA Negeri 1 Baraka, dan bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan guru mata pelajaran sosiologi dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan penarikan informan menggunakan purposive sampling. Dengan kriteria informan adalah siswa kelas X, guru Sosiologi, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan arsip-arsip yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa(1) faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi adalah:(a) rendahnya motivasi belajar pada luar siswa, (b) kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran sosiologi, (c) kurangnya penggunaan metode mengajar yang efektif dan bervariasi sehingga membuat siswa menjadi bosan. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru sosiologi sebagia soslusi dari permasalahan tersebut yaitu: (a) pemberian motivasi, (b) penyampaian tujuan pembelajaran yang dicapai, (c) menggunakan metode mangajar yang lebih bervariasi dan efektif, (d) penggunaan media pembelajaran yang baik, (e) memberikan penilaian, (f) memberikan pujian atas keberhasilan siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...