Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 6 Edisi 2, Juli 2019

PERILAKU KONSUMEN ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNM

Iratantika, A. (Unknown)
Ahmad, M. Ridwan Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Alasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM memilih online shop. 2) Perilaku konsumen online shop di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu mahasiwa Fakultas Ekonomi, angkatan 2017, pengeluaran antara Rp. 100.000-Rp. 500.000/bulan. Jumlah informan sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Alasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM memilih online shop yaitu lebih efisien, lebih efektif dan mengikuti tren. 2) Perilaku konsumen online shop di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM ada dua jenis yaitu perilaku rasional dan perilaku irasional. Dari dua jenis perilaku tersebut perilaku irasional lebih dominan dibandingkan perilaku rasional karena sebagian mahasiswa lebih mementingkan keinginannya dalam membeli suatu barang daripada kebutuhannya. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...