Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan konstruksi Math Open-Ended Worksheet bermuatan higher order thinking skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa Math Open-Ended Worksheet pada materi persamaan kuadrat yang merupakan produk dari penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui telaah produk. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan berpedoman pada karakteristik open-ended problem dan higher order thinking skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Contoh 1 memuat open-ended problem dan muatan menganalisis konsep, Latihan 2 memuat open-ended problem, Contoh 2 memiliki muatan mengevaluasi konsep, Latihan 2 memiliki muatan mengevaluasi konsep dan menganalisis konsep, Contoh 3 memuat openended problem dan muatan mengevaluasi prosedur, Latihan 3 memuat open-ended problem dan muatan mengevaluasi prosedur, Contoh 4 dan Latihan 4 memuat open-ended problem dan merumuskan konsep serta merencanakan prosedur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya referensi mengenai konten bahan ajar yang mendukung pengembangan Higher Order Thinking Skills dan pola berpikir divergen bagi siswa.
Copyrights © 2021