Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020

Uji Performa Engine Matic 110 cc Bi-Fuel (Pertamax LPG) dengan Variasi Rasio Kompresi dan Ignition Timing

Achmad Aminudin ("Politeknik Negeri Madiun")
Nanang Romandoni ("Politeknik Negeri Madiun")
Viby Yuan Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Engine bi-fuel merupakan konsep kendaraan yang dioperasikan dengan dua sistem bahan bakar secara bergantian, dalam penelitian ini menggunakan bahan bakar Pertamax dan LPG. Dimana untuk bahan bakar LPG dilakukan modifikasi pada engine dengan meningkatkan rasio kompresi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan rasio kompresi terhadap performa (daya dan torsi) pada engine matic 110 cc dengan konsep bi-fuel. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menvariasikan rasio kompresi dan menggunakan chasis roller dynamometer sebagai alat uji performa engine. Dari proses pengujian didapatkan capaian performa optimum pada pemakaian bahan bakar LPG untuk rasio kompresi 11,2:1 dan igt 18o STMA dengan nilai daya dan torsi berturut-turut sebesar 7,5 Hp dan 17,08 N.m.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...