Indonesia Performance Journal
Vol 4, No 2 (2020)

Hubungan Antara Perilaku Berolahraga Dengan Daya Tahan Siswa SMP Kelas VIII

Dianasari, Septian Asgi (Unknown)
Roesdiyanto, Roesdiyanto Roesdiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara perilaku berolahraga yang mengikuti latihan ekstrakurikuler, mengikuti latihan klub, mengikuti latihan secara mandiri dengan daya tahan. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Kepanjen Malang  berjumlah 350 siswa, Sampel dalam penelitian ini, berjumlah 69. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji r dan Uji F dengan menggunakan taraf signifikan α= 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara latihan ekstrakurikuler dengandaya tahan  dengan menujukan hubungan yaitu Y= 17,150 + 0,601 X1 dan juga kekuatan hubungan sebesar 0,660 > r tabel 0,423. (2) ada hubungan yang signifikan antara latihan di klub dengan menujukan hubungan yaitu Y= 10,641 + 0,696 X2 dan juga kekuatan hubungan sebesar 0,714 > r tabel 0,456. (3) ada hubungan yang signifikan antara latihan mandiri dengan menujukan hubungan yaitu Y= 24,420 + 0,414 X3 dan juga kekuatan hubungan sebesar 0,508 > r tabel 0,396). (4) ada hubungan yang signifikan atara latihan ekstrakurikuler, latihan di klub, latihan mandiri dengan daya tahan dengan menujukan hubungan yaitu Y= 10,642 + 0,508 X1 + 0,461 X2 + 0,150 X3 dan juga kekuatan hubungan sebesar 13,090 > F tabel 2,74.  Kesimpulan penelitian ini, ada hubungan yang signifikan antara latihan ekstrakurikuler dengan daya tahan, hubungan yang signifikan antara latihan klub dengan daya tahan, hubungan yang signifikan antara latihan mandiri dengan daya tahan, ada hubungan yang signifikan atara latihan ekstrakurikuler, latihan di klub, latihan mandiri dengan daya tahan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jko

Publisher

Subject

Education Other

Description

indonesia Performance Journal is an open access peer-reviewed international journal that publishes scholarly articles on the training and exercise. This includes using technology to enhance training and coaching. The journal publishes conceptual, theoretical and empirical papers ...