Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah ada belum memuat indikator keterampilan proses sains sehingga peserta didik tidak terlatih keterampilan proses sains. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan  LKPD berbasis Hands on Activity untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik yang layak digunakan dalam pembelajaran. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) validitas LKPD berbasis Hands on Activity; (2) kepraktisan LKPD berbasis  Hands on Activity; dan (3) ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian berupa LKPD berbasis  Hands on Activity yang diuji coba pada 36 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar validitas, lembar angket respon peserta didik, dan lembar pengamatan keterampilan proses sains (KPS). Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) validitas LKPD bernilai 3,11 dan berkategori valid; (2) kepraktisan LKPD diperoleh sebesar 77,9% dan berkategori praktis;dan (3) ketercapaian keterampilan proses sains diperoleh skor rata-rata sebesar 73,6 dan berkategori baik.  Diperoleh simpulan bahwa LKPD  yang  dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021