Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 16, No 1 (2021)

PENGARUH JURNAL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 1 ANYER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Yola Wulandara (SDIT Al-Faizah, Anyer)
Mila Ermila Hendriyani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ika Rifqiawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jurnal belajar tehadap motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksprimen dengan desain randomized control group pretest-pascatest design.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Anyar tahun pelajaran 2017/2018 dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkandataadalah angket motivasi belajar, soal tes objektif, jurnal belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Nilai rata-rata jurnal belajar siswa yaitu 73,43.Nilai rata-rata motivasi belajar kelas kontrol dan eksperimen secara berurut yaitu 62,84 dan 76.Nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas kontrol dan eksperimen secara berurut yaitu 64 dan 80. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh jurnal belajar terhadap motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biodidaktika

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biodidaktika : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a peer-reviewed journal that covers research and review articles in Biology and Biology ...