Tujuan penelitian adalah menjawab masalah yaitu mendeskripsikan makna implikatur percakapan iklan layanan masyarakat Kota Makassar. Menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memanfaatkan ilmu Pragmatik sebagai alat analisis. Data sebanyak 7 (tujuh) gambar iklan. Sumber data, jalan protokol kota Makassar. Hasil atau simpulan penelitian adalah, ketujuh gambar iklan mengajak, memnghimbau, menganjurkan, memerintahkan kepada masyarakat Makassar bahwa: (1) jangan keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak karena penambahan kasus corona makin meningkat; (2 dengan menggunakan semen tonasa pembangunan akan aman, kokoh, terpercaya; (3) Blibli  adalah penitipan barang yang aman dan terpercaya; (4) pegipegi adalah layanan pemesanan tiket murah dan mudah, cukup menggunakan ponsel pintar; (5) merokok membahayakan kesehatan; (6) BCA adalah bank yang terpercaya dengan transaksi mudah dan aman; dan (7) seorang pemimpin adalah panutan bawahannya.
Copyrights © 2021