KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 7, No 1 (2021): KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 MESUJI

Taufik Sidiki Al-Haq (Universitas PGRI Palembang)
Nur Ahyani (Universitas PGRI Palembang)
Ida Suryani (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Permasalahan di dalam penelitian ini apakah ada perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA Negeri 2 Mesuji tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yaitu pertama model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions sebagai kelas eksperimen 1 yang di perlakukan di kelas X IPS 1 yang kedua model pembelajaran Jigsaw sebagai kelas eksperimen 2 yang di perlakukan di kelas X IPS 2. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik sampling secara acak, hasil data diperoleh dari hasil tes, teknik analisis data yang digunakan adalah uji-T. Dari hasil analisis data tes menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogenitas. Dari hasil pengujian hasil hipotesis didapat kan thitung = 3,52 > ttabel 1,671 pada taraf signitifikan 5% dan dk = (n1 + n2 - 2) sehingga dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini ada perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Mesuji tahun pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...