ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2020): ELIPS, September 2020

Deskripsi Pembelajaran Matematika Dengan Metode Socrates Dalam Pendekatan Kontekstual di SMP

Akbar Taufik (Universitas Pancasakti Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Masalah dalam peneitian ini adalah bagaimanakah deskripsi pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual pada siswa SMP Negeri 13 Makassar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual pada siswa SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 13 Makassar dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 13 Makassar tergolong dalam kategori cukup. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan pembelajaran matematika siswa kelas VIIA sebesar 65,43 dan kemampuan pembelajaran matematika yang lebih dominan adalah siswa dengan kategori cukup dengan presentase 46,4% dari 28 siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...