Penelitian tindakan kelas ini bertujuan memecahkan masalah siswa pada kemampuan berbicara.Kurikulum 2013 sekarang ini menuntut siswa menguasai aspek pengetahuan dan aspekketerampilan. Salah satu keterampilan yang sangat penting adalah kemampuan berbicara.Banyak faktor yang menyebabkan siswa enggan berbicara. Salah satunya adalah mediapembelajaran. Pada dasarnya siswa bosan dengan sistem hafalan, sehingga siswa tidak mampumenyerap materi karena media pembelajaran yang membosankan. Data awal yang diperolehsetelah uji pertama pada kemampuan berbicara siswa, nilai rata-rata yang diperoleh hanya42,50 dan hanya sekitar 7 anak yang tuntas KKM. Oleh karena itu peneliti tertarik untukmengaplikasikan Kartu Game Information Gap ini untuk meningkatkan hasil belajar BahasaInggris Siswa. Adapun Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII.3 tahun pelajaran 2017-2018 SMP Muhammadiyah Pagar Alam yang terdiri dari 30 siswa, 16 laki-laki dan 14perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi tiappertemuan oleh observer dan tes lisan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa.Hasil yang diperoleh memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I hanya 60 %siswa yang tuntas KKM, dan pada siklus II sebanyak 90 % siswa tuntas KKM.
Copyrights © 2020