Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara
Vol. 3 No. 1 (2021): Edisi Maret 2021

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 08 LUBUKLINGGAU DALAM MEMAHAMI MATERI SPLDV MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rusnila Emmi (STKIP Muhammadiyah Pagaralam)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 08 Lubuklinggau Dalam Memahami Materi SPLDV Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tahun Pelajaran 2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran matematika kelas VIII di SMP 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIIA SMP N 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 66,25; siklus II sebesar 82,03; persentase ketuntasan klasikal sebesar 80,65%; dan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar setelah diberi tindakan sebanyak 2 siklus sebesar 23,56%. Sedangkan Peningkatan skor aktivitas belajar siswa untuk setiap siklusnya Pada siklus I skor rata-rata aktivitas sebesar 17,75 dan siklus II sebesar 20,16.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppn

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Pendidikan Nusantara adalah semua program studi yang berfokus pada penelitian pendidikan dan pengajaran berupa penelitian tindakan, pengembangan, kuantitatif, kualitatif, eksperimen, korelasi dan regresi, penerapan teori, kajian analisis kritis, dan kajian Islam dalam ...