Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 08 Lubuklinggau Dalam Memahami Materi SPLDV Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tahun Pelajaran 2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran matematika kelas VIII di SMP 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIIA SMP N 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 66,25; siklus II sebesar 82,03; persentase ketuntasan klasikal sebesar 80,65%; dan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar setelah diberi tindakan sebanyak 2 siklus sebesar 23,56%. Sedangkan Peningkatan skor aktivitas belajar siswa untuk setiap siklusnya Pada siklus I skor rata-rata aktivitas sebesar 17,75 dan siklus II sebesar 20,16.
Copyrights © 2021