Tanah Besemah kaya akan cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat tersebut adalah Jambu Mbak Kulak. Jambu Mbak Kulak begitu dikenal luas oleh masyarakat Besemah bahkan Sumatera Selatan. Nama Besemah adalah istilah yang digunakan sebagian orang untuk menyebut wilayah kabupaten Lahat dan Pagaralam di Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter cerita rakyat Jambu Mbak Kulak. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Objek penelitian ini adalah Cerita Rakyat Jambu Mak Kulak yang berkembang di Pagaralam. Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik rekam, catat, dan simak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat Jambu Mbak Kulak memiliki nilai pendidikan karakter yang masih relevan sebagai bahan bacaan Gerakan Literasi Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. Nilai pendidikan karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter memberi dampak bagi kehidupan peserta didik di era revolusi industri 4.0.
Copyrights © 2021