Journal Sensi: Strategic of Education in Information System
Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi

PERANCANGAN MERCHANDISE GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PROMOSI

Adi Kusuma Widya Tama (Universitas Raharja)
Maria Dingi Novena (Universitas Raharja)
Sefty Lestari (Universitas Raharja)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Merchandise adalah bentuk produk yang ditujukan sebagai sarana informasi dan promosi. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang merupakan lembaga pendidikan Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan ilmu-ilmu pendidikan. Setiap tahunnya di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang membuka pendaftran bagi calon mahasiswa dan mahasiswi baru, yang menjadi permasalahan saat ini yaitu media promosi dan informasi yang digunakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang masih belum maksimal, seperti belum tersedianya media merchandise. Sehingga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang membutuhkan media merchandise berupa Pin, Sticker, Mug, Topi, Shopping Bag, Kalender, Payung, dan Pulpen. Penelitian ini menggunakan software Adobe Illustrator CS6 yang merupakan program penunjang desain. Desain yang menarik sangat membantu untuk memaksimalkan fungsi merchandise sebagai media informasi dan promosi. Informasi adalah pesan yang ingin disampakan baik secara langsung maupun secara visual. Promosi itu sendiri adalah suatu cara untuk memberitahukan kepada msyarakat umum agar dapat tertarik untuk bergabung dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang. Metodologi penelitiannya yaitu metode pengumpulan data dan konsep desain. Dapat kita simpulkan kegiatan penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk membuat desain media informasi berupa merchandise yang diharapkan dapat meningkatkan citra dan minat untuk bergabung dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang, melalui perancangan media tersebut diharapkan dapat menarik minat calon mahasiswa dan mahasiswi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sensi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Riset Soft Computing dengan penelitian dari yang berfokus pada Data Mining, Neural Network, Swarm Intelligence, Decision Tree, Data Clustering, Data Classification, Rough Set, Pattern Recognition, Image Processing. Software Engineering yang fokus pada software Requirement and Specification, Software ...