Teknologi informasi (TI) telah mampu meningkatkan efektivitas, efisiensi, daya saing, dan mendukung kegiatan manajerial organisasi (termasuk institusi pendidikan). Paper ini membahas metodologi dan aplikasi dashboarding information system (DIS) untuk institusi sektor pendidikan sebagai model sistem informasi pengukuran dan evaluasi capaian kinerja organisasi dalam bentuk key performance indicator (KPI). Aplikasi DIS dikembangkan menggunakan metodologi data URL dan database yang sudah ada pada sistem yang lain sebagai data warehouse. Dalam implementasinya, aplikasi DIS dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk membuat aplikasi front office sebagai interface, dan software fusionchart sebagai aplikasi pembuat grafik. Untuk memberikan tampilan grafik dan visualisasi yang interaktif dan kuat, aplikasi DIS yang dibuat juga menggunakan eXtensible Markup Language (XML). Agar mendapatkan hasil yang sahih, aplikasi DIS telah diuji coba untuk mengukur kinerja KPI dibidang akademik pada Perguruan Tinggi Raharja sebagai tempat pengembangan dan penelitian DIS dilakukan. Hasil akhir pengujian menunjukan bahwa DIS dapat menarik olahan data dari respository data yang sudah ada, menampilkan informasi yang bersifat critical dalam bentuk dashboarding, memudahkan proses pemantauan, melihat gambaran kinerja institusi secara real time, dan dapat memenuhi kebutuhan informasi para pemimpin institusi sektor pendidikan dalam melakukan pengukuran terhadap capaian kinerja KPI organisasinya. Aplikasi DIS pada penelitian ini juga mampu melakukan perubahan performansi informasi melalui teknik visualisasi data dalam bentuk dashboarding, on line, dan mampu menerapkan prinsip dan cara kerja e-leadership, early warning, self monitoring, dan constant reminding.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011