Jurnal Ecopsy
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL ECOPSY

Gaya hidup hedonisme dan impulse buying pada mahasiswa

Eka Dian Aprilia (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala)
Ryan Mahfudzi (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

Impulse buying adalah pembelian tidak rasional dan diasosiasikan dengan pembelian yang cepat dan tidak direncanakan, diikuti oleh adanya konflik pikiran serta dorongan emosional. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi impulse buying adalah gaya hidup hedonisme. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya hidup hedonisme dengan impulse buying pada mahasiswa di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kriteria sampel laki-laki dan perempuan, berusia 18 hingga 21 tahun, dan berkuliah di Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling. Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson yang menunjukkan nilai signifikansi (p)= 0,00 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya hidup hedonisme dan impulse buying pada mahasiswa di Banda Aceh. Hal ini mengindikasikan semakin tinggi gaya hidup hedonisme maka semakin tinggi pula impulse buying ataupun sebaliknya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ecopsy

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ecopsy Journal is a scientific journal that focuses on the Science of Psychology, particularly with regard to issues of Environmental Psychology and other branches of Psychological sciences related environmental context (General Psychology, Social Psychology, Developmental Psychology, Clinical ...