Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur berupa Skala Self-Esteem Berbasis Aplikasi Digital Komputer. Skala ini dikembangkan berdasarkan konstruk Self-Esteem Cooper Smith dengan menambahkan konteks capaian aktualisasi prestasi akademik siswa sekolah menengah dan diwujudkan dalam bentuk aplikasi digital komputer. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah: (1) mendefinisikan konstruk, (2) mengembangkan model pengukuran, (3) melakukan validasi dan (4) menginternalisasi dalam aplikasi digital komputer. Subjek yang terlibat dalam pengembangan ini ialah 3 ahli Bimbingan dan Konseling, 3 ahli Media, 6 guru BK SMP dan SMA, 125 siswa SMP dan 150 siswa SMA. Hasil menunjukkan 31 butir valid dan reliabel sedangkan 19 butir lainnya tidak memenuhi syarat. Berdasarkan validasi Skala Self-Esteem berbasis aplikasi digital komputer oleh ahli BK, ahli media dan guru BK telah memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatam dan kemenarikan.
Copyrights © 2021