Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 16 No 2: Juli 2021

Peran Komunikasi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SDN 1 Alitupu Kec. Lore Utara Kab. Poso

Nirmala Nirmala (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini membahas Tentang Peran Komunikasi Guru PAI Dalam Meningkatkan  Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran  Pendidikan Agama Islam Disekolah SDN 1 Alitupu  KEC. Lore Utara KAB. Poso, Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a.) Bagaimana Peran komunikasi guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama islam di SDN 1 Alitupu? b.) Bagaimana Implikasi dari Komunikasi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di  Sekolah  SDN 1 Alitupu?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : a. Untuk mengetahui Peran komunikasi guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam  di  SDN 1 Alitupu?  b.Untuk mengetahui Implikasi dan kemampuan Komunikasi Guru PAI  dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Alitupu? Untuk menjawab permasalahan penelitian ini menggunakan metode pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data dari buku-buku referensi. Hasil Penelitian skripsi ini yaitu 1. Guru lebih Memahami karakter siswa, 2) Guru memberikan sikap positif kepada siswa. 3) Guru menerapkan hubungan timbal balik dengan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun Implikasi dari Kemampuan Komunikasi Guru PAI  dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Alitupu: 1) Siswa Lebih terbuka kepada Guru, 2) Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran, 3) Hasil belajar siswa lebih meningkat.

Copyrights © 2021