KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Vol 6 No 2 (2020)

Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi

Heni Purwanti (SMK Negeri 4 Yogyakarta)
Nani Nurwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk mencari pemecahan masalah terhadap rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu gizi, pada materi angka kecukupan gizi (AKG) dan menyusun menu seimbang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Kuliner 1 SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan langkah-langkah dalam penelitian yang mengikuti prinsip dasar penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilaksanakan tindakan tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifandan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

keluarga

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Keluarga merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan Februari dan September. Redaksi menerima artikel ilmiah yang berupa penelitian empiris dan artikel konseptual. Naskah yang diterima hanya naskah asli belum ...