Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mengajarkan materi seni budaya bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kebonagung dengan cara merangsang daya kreativitas siswa melalui tayangan audio visual pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk menjelaskan berbagai materi dalam pelajaran seni budaya ini peneliti menggunakan berbagai gambar foto, suara dan video untuk memperdalam pemahaman. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tugas interaktif yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung sedang objeknya adalah pembelajaran materi seni budaya yang diajarkan dengan cara memadukan unsur media audio visual dan mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang selama ini terjadi dalam proses pembelajaran dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan keaktifan, kemampuan presentasi dan kemampuan praktek yang dicapai siswa dalam menguasai materi seni budaya yang diberikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021