cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam STAI NU PACITAN Telah Masuk Jurnal DOAJ Internasional. E-journal ini merupakan versi online dari edisi cetak Transformasi yang diterbitkan oleh LP3M STAI NU PACITAN Jawa Timur Indonesia
Arjuna Subject : -
Articles 121 Documents
Tinjauan Filosofis Masalah Aktual Pendidikan Islam ( Pembaruan Pendidikan Pesantren ) Imam Fakih
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 1 (2017): JANUARI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.557 KB)

Abstract

Pesantren (Islamic Boarding School) is the religious education institute. It is also as model of Islamic Education Institute in Indonesia. Pesantren has a moral responsibility to sharpen nation life, particularly to improve religious life quality for Indonesia moslems. Further develovment stated that pesantren consists of typologies both salafiyah/modern salafiyah, semi salafiyah and integrated islamic boarding school.The writer has own reason to discuss Pesantren Terpadu (Integrated Islamic Boarding School) in which built Madrasah of private university in pesantren terpadu the students or collegians become santri (Islamic Boarding School Student) all at once. An integrated pesantren has own characteristic and all integrities must be done both integrity of vision, mision, integrated program, finance, the equipment nedeed, curriculum, managerial, and teaching technique
Wahyu dan Peran Nabi Perspektif Nasr Hamid Abu Zayd Muhammad Syuhada Subir
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 2 (2017): JULI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.457 KB)

Abstract

Al-Qur`an merupakan sumber utama ajaran Islam yang didalamnyatermuat ajaran dan petunjuk tentang akidah, hukum, ibadah, dan akhlak. Selakusumber utama ajaran Islam al-Qur`an banyak yang menjadikannya objek kajian,baik oleh kalangan ulama dan intelektual muslim sendiri maupun intelektual nonmuslim atau para orientalis. Dari kajian-kajian tersebut memunculkan persepsidan perspektif yang beragam. Diantara kajian tersebut adalah kajian tentangtakstualitas al-Qur`an, seperti yang dilakukan oleh Nasr Hamid Abu Zayd seorangintelektual muslim, yang fokus kajiannya tentang konsep teks dengan pendekatankritik sastra dan hermeneutika. Terkait hal tersebut, makalah pendek ini mencobamenyajikan tentang pandangan Nasr Hamid Abu Zayd tentang konsep wahyu danperan Nabi, dimana konsep wahyu merupakan salah satu kerangka pemikiran AbuZayd dalam kajiannya tentang tekstualitas al-Qur`an.
Pendekatan Integralistik Pendidikan Agama pada Sekolah (Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam) Rima Umaimah
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 2 (2017): JULI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.867 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui pendekatanintegralistik pendidikan agama pada sekolah Islam. Metode yang digunakan penulis dalampenelitian ini yaitu kepustakaan, dengan melalui data primer pembacaan buku-bukumutakhir. Kajian ini dengan melibatkan teman sejawat yaitu dosen-dosen pendidikanagama Islam di kampus, dengan langkah-langkah: pengujian naskah melalui diskusi, kritik,saran, perbaikan, dan finalisasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: pendekatan integralistik pendidikanagama pada sekolah melalui pendekatan secara menyeluruh/ erpadu dengan mencarihubungan fungsional maupun komplementer dari semua komponen yang terlibat dalamsuatu proses. Dalam hal ini adalah proses PAI dalam pendidikan sekolah. Jadi kita harusmelihatnya secara keseluruhan, bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersamaantara keluarga, masyarakat dan pemerintah
Filantropi Islam Sebagai Stabilitas Kehidupan Ali Mufron
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 1 (2017): JANUARI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.934 KB)

Abstract

Secara  bahasa,  filantropi  berarti  kedermawanan,  kemurahatian,  atau  sumbangan  sosial; sesuatu yang menunjukkan cinta kepada manusia. Istilah filantropi (philanthropy) ini sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, philos (cinta) dan anthropos (manusia), yang secara harfiah diartikan sebagai  konseptualisasi  dari  praktik  memberi  (giving),  pelayanan  (service)  dan  asosiasi (association) dengan sukarela untuk membantu pihak lain yang membutuhkan sebagai ekspresi rasa cinta.Dalam  hal  ini,  Islam  menampilkan  dirinya  sebagai  agama  yang  berwajah filantropis. Wujud  filantropi  ini  digali  dari  doktrin  keagamaan  yang  bersumber  dari  al-Qur‟an dan Hadits yang dimodifikasi dengan perantara mekanisme ijtihad sehingga institusi zakat, infak, sedekah, dan wakaf muncul.  Tujuannya adalah supaya harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang  kaya  saja.  Karena  itu,  filantropi  Islam  dapat  juga  diartikan  sebagai  pemberian karitas  (charity)  yang  didasarkan  pada  pandangan  untuk  mempromosikan  keadilan  sosial  dan maslahat bagi masyarakat umum.Dalam al-Qur‟an, dasar filantropi Islam bersumber dari Surat al-Ma‟ûn: 1-7, Di mana salah satu dari tanda orang yang mendustakan agama adalah tidak menyantuni anak yatim.  Dan pada bunyi ayat ; “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu, kamu membersihkan dan  mensucikan  mereka,  dan  berdoalah  untuk  mereka.  Sesungguhnya  doamu  itu  (menjadi) ketenteraman  jiwa  bagi  mereka.  Dan,  Allah  Maha  Mendengar  lagi  Maha  Mengetahui”.  Itu artinya  ada  konsep  sosial  keagamaan  yang  kemudian  memunculkan  doktrin  zakat  (tazkiyah) yang  mengalami  dua  tahap  yaitu,  tahap  makkiyah  (theologis)  yang  merupakan  tahap pembersihan diri, dan tahap madaniyah  yaitu tahap pembersihan harta dengan memberikannya kepada delapan ashnâf seperti yang terdapat dalam Q.S. At-Taubah: 60. Diharapkan dengan konsep  filantropi  Islam ini umat Islam faham betul tentang bagaiman kemaslahatan itu bisa lestari dan terlaksana agar tidak ada kesenjangan diantara si kaya dan si miskin. Nilai-nilai filantropi Islam ini sangat dibutuhkan pada era kini, karena sangat berkurangnya kesadaran  moral  untuk  saling  menolong,  dan  menjadikan  manusia  terkotak-kotakkan  pada keadaan.  Padahal  jika  kesadaran  dalam  menjalankan  konsep  filantropi  Islam  ini  bisa  terusmenerus dan meningkat, tidak di pungkiri akan meningkatnya kesejahteraan di muka bumi.Semoga  kita  sebagai  umat  Islam  dapat  meningkatkan  kesadaran  saling  tolong  menolong dan  menerapkan  konsep  filantropi  Islam,  dan  dapat  meningkatkan  kualitas  manusia  sebagai kholifah fil ard yang dapat menstabilkan kehidupan di dunia dan bermanfaat di akhirat.
Kepemimpinan Pendidikan Multikultural (Tantangan dan Solusinya) Syam Sudin
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 1 (2017): JANUARI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.953 KB)

Abstract

Indonesian with a very wide area that consists of thousands of ethnic groups, languages, religions, traditions and cultures also interact and mingle to form a multi-ethnic society. The migration of Arabs, China, and India to the Indonesian archipelago increased the diversity of the nation. Indonesian multiculturalism has the potential that can be developed to improve welfare. However, these conditions also potential to conflicts among ethnic groups, religious, and cultures. Horizontal conflicts that occurred in Sambas, Poso, Sampit, Tasikmalaya, and others show that multiculturalism needs to be managed so it gives positive impact on the progress and welfare of the community. In the Indonesian context, the awareness of multiculturalism needs to inculcated in the life of the nation and society. There are recognition and inter-ethnic tolerance that led to the establishment of cooperation and trust so as to create a peaceful and democratic life. As a multicultural country, Indonesia should have the awareness of multiculturalism that tribes who settle in the region establish interaction and communication between the healthy and dynamic society in order to create a democratic, harmonious, and peaceful community. Education is the starting point for reconstruction of multicultural culture in a democratic society. Through school teachers can instill pluralistic nature and practice into learners. Teachers need to be creative in bridging cultural plurality and a pluralistic and peaceful community. As the spearhead of multicultural education, teachers must have an adequate understanding of multiculturalism and multicultural education. In the teaching activities, teachers develop multiculture-oriented climate that highlights social justice and culture.
Layanan Konseling Kelompok Sebagai Proses Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMKN I Pacitan Tahun Pelajaran 2016/2017. Puguh Eksan
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 2 (2017): JULI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.525 KB)

Abstract

The objectives of research are : (1) to describe the consular service characteristics ofSMKN I Pacitan students. (2) To describe the characteristics of consular activities in groupconsular service for students of SMKN I Pacitan. The type of the research is qualitativeresearch, by using ethnography approach. The limitaton of the research is group consularservice for grade eleven SMKN I Pacitan students academic year of 2016/2017. The primerdata are obtained from informan, such as, the head waster, teacher, students, and otherstakeholder.Data collection method is by observing, interviewing, and making documentation.Data analysis used in this research is interactive model of analysis. Data validation test usedin this research is credibility, transferability, dependability, and confirmability. The result ofthis research are: (1) the characteristics of consular service in SMKN I Pacitan is that theservice is done by holding group dynamic in the consular room to solve the studentsproblems. (2) The counseling activity in SMKN I Pacitan is begun from identifying thestudents problems, arranging the counseling service program structure, the use of anappropriate service technique and giving feed back to the conseling service result done.
Tanah Pertanian dalam Perspektif Hukum Islam Jefri Putri Nugraha
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 2 (2017): JULI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.333 KB)

Abstract

One of the problems in agriculture in Indonesia is the problem of agricultural land. There are five land issues in Indonesia, namely: (1) wide narrow farmland ownership; (2) decreased land productivity; (3) the occurrence of land conversion that grew larger for non-agricultural purposes; (4) not yet optimal implementation of commodity mapping related to agro ecosystem; And (5) there is still a lot of sleeping land. The solution of those problems has indeed been initiated and some of them have been implemented. But the solution seems to be a purely technical solution, without incorporating Sharia as a law capable of dealing with such problems. This paper aims to explain the Islamic sharia laws related to agricultural land and agricultural policy in Islam.
Manajemen Humas dalam Mewujudkan Visi dan Misi Lembaga di Ma Muadalah Pondok Tremas Pacitan Rima Umaimah
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 1 (2017): JANUARI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.794 KB)

Abstract

Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa mencetak siswasiswa  yang  berprestasi  tinggi  dan  dapat  memanfaatkan  guru - guru yang  berkualitas  baik  serta  mendapatkan  kepercayaan  dari masyarakat  sekitar  sehingga  visi  dan  misi  yang  telah  disusun  bisa terealisasi dengan baik sesuai dengan yang mereka harapkan.  Dengan mengaplikasikan  fungsi  manajemen  planning, organizing, actuating, dan   controlling  humas,  MA  Mu’adalah  Pondok  Tremas  sebagai lembaga  pendidikan  telah  berhasil  mewujudkan  visi  dan  misinya dengan  sangat  baik.  MA  Mu’adalah  Pondok  Tremas  telah mendapatkan  kepercayan  cukup  baik  dari  masyarakat.  Salah  satu buktinya  adalah  siswa  yang  mendaftar  setiap  tahunnya  melebihi jumlah yang telah ditargetkan.
Implementasi Nilai -Nilai Pancasila dalam kegiatan PKK di Desa Sirnoboyo Kecamatan pacitan Kabupaten Pacitan Achmad Ridlowi
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 1 (2017): JANUARI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.484 KB)

Abstract

Pancasila  as  a  way  of  life  requires  Indonesia  to  transform  the values  of Pancasila in a real and continuous appreciation and practice of noble  values  contained  in  it  by  every  citizen  of  Indonesia,  each  state officials as well as any institutions of state and civil society, both in the center or  in the region. In social  life there  is one activity that embodies the implementation of Pancasila values  through the activities of the PKK (Family Welfare Empowerment) is an activity initiated by the women in i t has several programs to run 10 (ten) program PKK with the single goal welfare of the family. The grounds are one of the main programs in the PKK, namely The Pancasila, women as objects of research because as the creator  of  the  next  generation  of  national   struggle,  and  in  2015  this village  Sirnoboyo  used  as  guided  village  PKK  is  as  active  village  and most diligently implement programs PKK.Factors supporting the  live  in  harmony between people,  there  is no specific provision to follow the activities of the  PKK, the evaluation of performance  management to produce a  nice,  family and community support. Inhibiting factors: the chairman of the PKK in the actual practice of  not carrying out the duties as chairman of  the task,  not  yet aware of their rights and obli gations.
Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Strategi Inkuiri pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Bandar Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 Widorini Widorini
Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol. 10 No. 2 (2017): JULI
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.532 KB)

Abstract

Widorini, 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman PribadiMelalui Strategi Inkuiri pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Bandar Semester2 Tahun Pelajaran 2011/2012.Secara realitas, pembelajaran menulis di SMP Negeri 2 Bandar belummampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan refleksi awalkemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi masih di bawah kriteriaketuntasan minimal (KKM), yakni nilai yang ditentukan adalah 70. Hasilpemantauan menunjukkan bahwa dari rata-rata siswa dalam setiap kelas yangberjumlah 24, siswa yang mencapai ketuntasan hanya sekitar 58%. Hal tersebutberarti masih ada 42% siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM.Penelitian tindakan kelas ini mengenai penerapan strategi inkuiri dalampembelajaran menulis pengalaman pribadi di SMP Negeri 2 Bandar, denganmengambil subjek penelitian kelas VII B semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.Indikator yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuansiswa dalam menulis pengalaman pribadi pada tahap pra-menulis, tahappemburaman, dan tahap penyuntingan. Upaya peningkatan indikator tersebutdirancang dalam dua siklus penelitian. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi,dan (4) analisis dan refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya.Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II dapatdideskripsikan bahwa kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadisiswa kelas VII B Negeri 2 Bandar mengalami peningkatan dari siklus I sampaidengan siklus II. Peningkatan proses pembelejaran siswa terlihat dari aktivitasmerumuskan masalah (tahap pra-menulis), menemukan jawaban sementara danmencari data (tahap pemburaman), dan menarik kesimpulan (tahap penyuntingan).Simpulan hasil penelitian ini secara singkat yakni: (1) terdapatnyapeningkatan proses pembelajaran menulis dan (2) terdapatnya peningkatan hasilpembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII B Negeri 2 BandarSemester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Page 1 of 13 | Total Record : 121