Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 2 (2021)

PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Intan Sari Ramdhani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ira Anisa Purawinangun (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan e-learning pada mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah penggunaan e-learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Tangerang menerapkan pembelajaran blended learning dengan menggabungkan penggunaan kelas e-learning dan tatap muka  2) ) E-learning dapat menjadi sumber belajar mahasiswa, 3) E-learning adalah salah satu upaya dalam menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa, 4) E-learning mempermudah dosen memberikan tugas atau ujian dan mempermudah mahasiswa mengumpulkan tugas atau ujian, 4) E-learning melengkapi pembelajaran konvensional di dalam kelas.Kata kunci: bahasa Indonesia, e-learning, penggunaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...