Jurnal e-Komunikasi
Vol 8, No 1 (2020): VOL 8, NO 1 FEBRUARY 2020

Motif Dan Kepuasan Subscriber Dalam Menonton Channel “Atta Halilintar” Di Youtube

Kevin Limantara (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Agusly Irawan Aritonang (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Chory Angela Wijayanti (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber dalam menonton channel Atta Halilintar di Youtube. Channel Atta Halilintar merupakan channel entertainment dengan subscriber terbanyak di Indonesia untuk kategori entertainment di Youtube, peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan enam indikator, yaitu Hiburan dan Relaksasi, Interaksi Sosial, Suplemen, Pertemanan, Menghabiskan Waktu, dan Mencari Informasi. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah pada indikator Suplemen, sedangkan yang terendah adalah indikator Interaksi Sosial.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...