Jurnal e-Komunikasi
Vol 9, No 2 (2021): VOL 9, NO 2 SEPTEMBER 2021

Sikap Followers terhadap Pesan Iklan Halal Sushi Tei Indonesia di Instagram

Stephanie Oktavia (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Judy Djoko Wahjono Tjahjo (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Felicia Goenawan (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Sushi Tei Indonesia sebagai brand penyedia makanan dan minuman Jepang diisukan tidak halal pada Agustus 2015. Di tahun 2019, Sushi Tei Indonesia menerima sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mengomunikasikannya melalui pesan iklan Instagram. Pesan iklan turut berperan dalam menentukan penilaian seseorang terhadap iklan yang akhirnya membentuk sikap. Pesan iklan dapat dilihat dari empat elemen, yakni isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap followers terhadap pesan iklan halal Sushi Tei Indonesia di Instagram. Sikap terdiri komponen kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini memilih followers Instagram berusia 18 hingga 60 tahun dan pernah melihat iklan halal Sushi Tei Indonesia di Instagram sebagai responden. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode e-survey dalam mengumpulkan data dan menyebarkan pada 100 responden. Temuan penelitian ini adalah bahwa sikap followers @sushiteiindonesia terhadap pesan iklan halal Sushi Tei Indonesia di Instagram positif, termasuk pada komponen kognitif, afektif, maupun konatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...