Jurnal e-Komunikasi
Vol 9, No 2 (2021): VOL 9, NO 2 SEPTEMBER 2021

Judul Citra PT. Freeport Pasca Kasus PHK Massal Pada Pemberitaan di Media Online Tempo.co dan CNNIndonesia.com Tahun 2019

Hosyana Claudia Rampalimbo (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Ido Prijana Hadi (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Titi Nur Vidyarini (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra PT. Freeport Indonesia pada pemberitaan media online Tempo.co dan CNNIndonesia.com tahun 2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Citra beserta dengan elemen citra korporat dari Marita Vos, yaitu primary impression, familiarity, perception, dan position sebagai indikator dalam penelitian. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra PT. Freeport pada 55 berita di media Tempo.co dan 62 berita di media CNNIndonesia.com. Temuan penelitian ini adalah bahwa elemen citra yang paling banyak digunakan pada kedua media adalah familiarity yang menunjukan bahwa kedua media memiliki pengenalan terhadap perusahaan dalam hal orang-orang dalam perusahaan. Selain itu, PT. Freeport pada media Tempo.co juga dicitrakan memiliki kualitas manajemen yang kurang mampu menyelesaikan persoalan PHK karyawanSedangkan pada media CNNIndonesia.com, PT. Freeport dicitrakan sebagai perusahaan yang aktif dalam penyebaran informasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...