Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 9, No 4 (2020): Desember, 2020

PELATIHAN PERCAKAPAN ANTARA IBU DAN ANAK DALAM BAHASA LOKAL: BERKONTRIBUSI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF ANAK

Ypsi Soeria Soemantri (Departemen Linguitstik, Fakultas Ilmu Budaya Unpad)
Ekaning Krisnawati (Universitas Padjadjaran)
Eko Wahyu Koeshandoyo (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Ketika seorang anak masih balita, ia akan  mendapat pendidikan  karakter dari orang tuanya. Setelahmasuk sekolah, anak tersebut akan mendapatkan pendidikan formal mengenai pendidikan karakter. Sebetulnya, seorang ibu mempunyai andil yang cukup besardalammembentuk perilakuanak, supayamenjadi anak yang “berkarakter”. Anak berkarakter adalah anak yang memiliki karakter positif, yaituanak yang berperilaku baik dan kuat secara mental dan tidak cepat berputus asa, dan anak yang cerdas secara emosional dan kognisi. Percakapan yang baik dan penuh kasih saying dari seorang ibu kepada anakanya memberikan dampak yang sangat positif. Dalam PengabdianKepada Masyarakat diadakan pelatihancara berkomunikasi ibu  dengan anaknya dalam membantu membentuk karakter positif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teori diambil dari Sibarani (2015) dan Ratna (2014). Hasil yang diperoleh adalah sebaiknya percakapanibu dan anak dilakukan dengan santai, ibu bertanya mengenai kegiatanan, ajukan pertanyaan dengan nada yang ramah, berikan pujian, berbicara mengenaitopik yang menarik bagianak, berdoa bersama-sama dan memberikan nasihat tanpa disadari oleh anak.

Copyrights © 2020