Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan

Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel and Convention Center

Ananda Putri Welasasih (Manajemen Perhotelan UNP)
Hijriyantomi Suyuthie (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2020

Abstract

ABSTRAK Tujuan peneliti dalam hal ini adalah untuk menganalisis pengaruh servicescape terhadap kepuasan tamu menginap di UNP Hotel and Convention Centre dengan jenis penelitian deskriptif yang mana menggunakan metode asosiatif kausal. Sampel pada penelitian ini merupakan tamu yang pernah menginap dan sedang menginap di UNP Hotel and Convention Centre yaitu sejumlah 87 orang tamu yang diambil dengan teknik Non Probability Sampling. Untuk teknik pengumpulan data disini dengan cara menyebarkan kuesioner dengan dua puluh sembilan butir penyataan, empat belas butir pernyataan untuk servicescape dan lima belas butir pernyataan untuk kepuasan tamu. Pada pengolahan datanya menggunakan bantuan program SPSS 16.00. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, didapatkan nilai R Square dengan angka 0,136 yang artinya pengaruh untuk variabel (X) servicescape terhadap variabel (Y) kepuasan tamu dengan angka 13,6% dan selanjutnya 86,4% dikarenakan faktor lain. Maka didapat koefisien regresi dengan angka 0,359 nilai signifikannya adalah 0,000<0,5. Dapat diartikan dalam tingkatan angka 1 satuan servicescape mengalami peningkatan 0,359 pada kepuasan tamu. Jadi hipotesisnya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Servicescape, Kepuasan Tamu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKPBP

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal ini terbit Tiga kali dalam satu tahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan pada media lain. Semua artikel yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu oleh EDITOR yang kompeten dan akan di ...