Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan

Strategi Pemasaran di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta Pada Masa Covid-19

Widha Swara Astini (Universitas Negeri Padang)
Hijriyantomi Suyuthie (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya tingkat hunian kamar selama masa pandemi Covid-19 serta adanya keluhan pelanggan mengenai tarif kamar yang ditetapkan tidak sebanding dengan fasilitas yang didapatkan dari Hotel Four Points by Sheraton Jakarta, dan Peraturan Pemerintah DKI Jakarta terkait larangan berkerumun serta aturan lainnya dalam upaya pencegahan Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan Strategi Pemasaran Marketing Mix yang dapat digunakan di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta, mengetahui gambaran strategi EFAS dan IFAS dan mendeskripsikan faktor eksternal dan internal SWOT di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta dengan menggunakan matriks SWOT. Jenis dari penelitian ini yaitu desktiptif kualitatif dengan metode survei dan menggunakan purposive sampling, sumber dari penelitian ini terdiri: 1 orang Director Revenue Cluster, 1 orang Manager Sales&Marketing , 1 orang Assistance Manager Sales&Marketing , dan 1 orang Duty Manager Front Office Department di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian Strategi Pemasaran di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta yaitu: 1) Membuat Robot Concierge yang inovatif, mudah digunakan, sesuai dengan signature Hotel Four Points dan memiliki database terkait informasi perkantoran terdekat. 2) Menerapkan Value Based Pricing agar dapat memberikan harga kamar sesuai dengan kebutuhan serta keinginan tamu. 3) Digital Marketing Melalui Aplikasi Tiktok dengan membuat konten video promosi yang menarik, kreatif. 4) Paket Promosi Work From Hotel demi mendukung peraturan pemerintah yang mewajibkan bekerja dari rumah. 5) Bekerjasama dengan Rumah Sakit dengan membuat penawaran kerjasama kepada beberapa rumah sakit di sekitar lokasi hotel. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Marketing, Mix, SWOT

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKPBP

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal ini terbit Tiga kali dalam satu tahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan pada media lain. Semua artikel yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu oleh EDITOR yang kompeten dan akan di ...