AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2021)

MODEL PEMBELAJARAN VIRTUAL FLIPPED CLASSROOM: EFEK PADA MOTIVASI DAN KINERJA KALKULUS MAHASISWA

Arbain Arbain (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Fitriyani Hali (Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka))



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penerapan model pembelajaran Virtual Flipped Classroom (VFC) ditinjau dari motivasi dan kinerja kalkulus mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design.  Penelitian ini dilakukan di Prodi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah kalkulus I sebanyak 28 orang. Untuk mengitahui kefektifan model VFC terhadap kinerja kalkulus mahasiswa menggunakan uji paired sample t-test. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan motivasi menggunakan uji MANOVA satu arah. Uji normalitas data menggunakan Shapiro Wilk dan uji homogenitas data menggunakan Lavene Test turut disertakan sebagai uji asumsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi mengalami peningkatan yang signifikan setelah penerapan model VFC. Demikian pula dengan variabel kinerja kalkulus mahasiswa, hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor kinerja kalkulus mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model VFC. Model pembelajaran VFC efektif terhadap motivasi dan kinerja kalkulus mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...