AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2021)

ANALISIS KESULITAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN LANGKAH POLYA

Yulia Haryono (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Ratulani Juwita (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Shinta Vioni (STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar dalam memecahkan masalah yang ditinjau dari minat dan apa saja faktor penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah tersebut ditinjau dari minat belajar. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dipilih secara purposive sampling yaitu membuka 6 orang, 2 orang minat belajar tinggi, 2 orang minat belajar sedang dan 2 orang minat belajar. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar, soal tes pemecahan masalah dan wawancara.Angket minat belajar dianalisis berdasarkan pengelompokan minat belajar, tes pemecahan masalah berdasarkan indikator kesulitan dalam memecahkan masalah dan analisis secara kualitatif menurut Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan minat belajar, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyusun rencana, peserta didik dengan minat belajar sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan rencana, serta peserta didik mengalami kesulitan dalam menyusun rencana, menyelesaikan rencana, dan menyelesaikan menyelesaikan kembali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...