AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2021)

KOMPARASI PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MENENGAH PERTAMA DI KEFAMENANU

Fitriani Fitriani (Universitas Timor)
Cecilia Novianti Salsinha (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dua pendekatan yaitu saintifik dan Open-ended terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan uji komparasi t setelah melalui uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII G dan H pada SMP Negeri 1 Kefamenanu. Sebelum diterapkan kedua pendekatan, para siswa diberikan tes awal literasi dan setelah diterapkan kedua pendekatan diberikan tes akhir literasi. Pada hasil penelitian dengan pengujian inferensial diperoleh bahwa pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi sebesar 17,1% dan pengaruh pendekatan open-endeed sebesar 11,6%. Hal ini menunjukkan bahwa kedua pendekatan ini sama-sama memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...