AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2021)

KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Fida Rahmantika Hadi (Uiversitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dekriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang menempuh mata kuliah Geometri Prodi PGSD Universitas PGRI Madiun sebanyak 28 mahasiswa. Data berupa hasil tes dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Peneliti menganalisis data hasil tes dan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS. Hasil skor tes mahasiswa dikelompokkan menjadi tiga terdiri dari mahasiswa berkemampuan tinggi (nilai tes lebih dari 85), mahasiswa berkemampuan sedang (nilai tes antara 65-85, mahasiswa berkemampuan rendah (nilai tes kurang dari 65). Selanjutnya untuk wawancara, peneliti memilih satu mahasiswa berkemampuan tinggi, satu mahasiswa berkemampuan sedang, dan satu mahasiswa berkemampuan rendah secara purposive. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 5 mahasiswa berkemampuan tinggi, 10 mahasiswa berkemampuan sedang dan 13 mahasiswa berkemampuan rendah. Dilihat dari hasil analisis skor tes dan wawancara,  kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS masih cukup rendah. Mahasiswa harus mampu memenuhi ketiga indikator untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Indikator yang digunakan dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS yaitu menganalisis, mengevaluasi dan memberikan solusi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...