Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah

Pengaruh Model Brain Based Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA ditinjau dari Self-Regulated Learning

Ayu Lestari Sardi (SMA Muhammadiyah 1 Jakarta)
Wardani Rahayu (Universitas Negeri Jakarta)
Pinta Deniyanti Sampoerno (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model Brain Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari Self-Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kontrol post-test kemampuan koneksi matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah Jakarta pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020 dengan sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kemampuan koneksi matematis. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogrov smirnov, dan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene’s. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan uji-t diperoleh sebesar 4.603 dan sebesar 1.994 yang mengakibatkan H0 ditolak pada taraf signifikan 0,05 dengan nilai effect size 1,4 yang tergolong tinggi. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Brain Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Self-Regulated Learning tergolong tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to ...